MALANG

 
Halo.... Perkenalkan nama saya ABRAHAM IVAN FATONI dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang. Pada kesempatan kali ini saya akan menceritan sedikit tentang kota kelahiran dan sekaligus tempat tinggal saya yg masih banyak menyimpan budaya dan keunikan yang masih terjaga sampai saat ini.

MALANG adalah sebuah kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur setelah kota Surabaya. Kota Malang identik dengan bahasa KEBALIKANNYA yang sangat khas. Bahasa KEBALIKAN atau juga biasa disebut bahasa KIWALAN yang maksutnya yaitu, kata sehari yang biasa digunakan itu membacanya dari huruf belakang ke depan. Contoh, Makan menjadi Nakam, Malang menjadi Ngalam, Saya menjadi Ayas ,dll.

Selain dari bahasa kota Malang masih mempunyai banyak keunikan. Satu lagi contohnya dalam bidang kuliner. Kota Malang terkenal dengan yang namanya BAKSO MALANG yang rasanya sangat khas dan berbeda dari bakso lainnya. Bakso (pentol/meetball) itu sangat empuk dan kuahnya mempunyai citra rasa sendiri. Adapun makanan lain yaitu SEMPOL, sempol sama bahan bakunya seperti bakso yaitu terbuat dari daging ayam ataupun sapi tapi beda cara masaknya, kalau baksokan di rebus tapi kalau sempol di goreng dan penyajiannyapun cukup dengan saus kacang tanpa kuah.

Kebudayaan dan Kesenian yang terkenal dari kota Malang yaitu TOPENG MALANGAN (Topeng Malang) tapi adapun juga kesenian lainnya yang tidak kalah bagusnya seperti Bantengan, Kuda Lumping, Ludruk, Wayang Kulit, dll. Saya sebagai AREMA (Arek Malang) harus bisa menjaga dan melestarikan budaya dan kesenian yang ada di kota Malag ini. Supaya anak cucu saya kelak juga dapat menikmatinya.

Ya itulah sedikit cerita keunikan dan budaya kota Malang. Terima kasih atas waktunya untuk membaca blog saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

TEKNIK MESIN